Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Kamis, 29 September 2016

Pengertian RAM dan Macam-Macam RAM

Share
opo ae

Pengertian Ram Dan Macam-Macam RAM

#Apakah itu Ram???#

Ram singkatan dari Random Acces Memory adalah memory akses atau media penyimpanan sementara yang digunakan hanya saat komputer menyala.

Ram termasuk memory yang bersifat sementara.Fungsi ram untuk menyediakan ruang penyimpanan sementara bagi komputer untuk menyimpan data data.

sehingga dapat mempercepat proses loading data dan program RAM.Dengan demikian ketika sistem komputer mengakses data dari RAM lebih cepat.

Bentuk RAM secara fisik adalah rangkaian elektronik semacam chip yang dipasang dibagian slot RAM.Di mainboard jenis RAM ini berbeda-beda tergantung pada jenisnya.


Jenis-Jenis RAM sangat banyak yaitu apa saja ???

1.EDO RAM(extended data out RAM) jenis memory ini dapat digunakan pada komputer pentium 1 dengan kecepatan 50MHZ jumlah pin di memory tersebut adalah 72 pin.

2.SD RAM(synchronous dynamic) adalah tipe RAM yang memiliki kemampuan balancing kecepatan clock processor.Memory ini digunakan pada generasi pentium 2 dan pentium 3.Jumlah pin.nya adalah 168 pin.

3.DDR RAM(double data rate RAM) jenis RAM ini merupakan teknologi bagian dari SD RAM . jumlah pin DDR RAM adalah 184 pin.

4.DDR 2 RAM adalah generasi DDR RAM yang kedua.RAM ini digunakan pada generasi Pentium D,dual core,core 2 duo.DDR 2 mempunyai pin sebanyak 240 pin.tetapi,kecepatannya masih sangat rendah.

5.DDR 3 RAM adalah generasi DDR RAM yang ketiga.Kecepatan DDR 3 sudah 2 kali lebih cepat dari DDR 2 . DDR 3 ini biasanya banyak digunakan pada generasi pentium core 2 quad core dan core i7

6.RD RAM(Ranbus dynamic RAM)teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan RAM BUS dengan kemampuan pengolahan yang berbeda dengan SD RAM dan DDR RAM.RD RAM menggunakan penutup alumunium yang berfungsi untuk melindungi panas yang berlebihan.Jumlah pin RD RAM adalah 184 pin.

7.SOD RAM(small outline dual inline memory module RAM) jenis memory ini digunakan untuk memory notebook/laptop dan memiliki bentuk lebih kecil dari DDR RAM.

8.SRAM(static RAM) jenis memory yang tidak memerlukan penyegaran cpu agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan.RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM dan SD RAM.SRAM memiliki jumlah pin 128 pin.

9.DRAM(dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oelh cpu agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

0 komentar:

Posting Komentar